7 Manfaat Liburan Untuk Membangun Hubungan Harmonis Bersama Keluarga

Ketika tiba musim liburan, sebagian keluarga ada yang menyia-nyiakan dan ada pula yang memanfaatkannya. Memang sudah seharusnya kita manfaatkan momen ini untuk menciptakan quality time bersama yang terkasih, keluarga. Bukan hanya untuk nendapatkan kesenangan, kita juga akan merasakan manfaat liburan yang sesungguhnya. Sebenarnya, apa saja manfaatnya?

 

7 Manfaat Liburan Untuk Membangun Hubungan Harmonis Bersama Keluarga

 

Mengurangi stres

Pemicu stress yang sangat umum adalah aktifitas yang lumayan padat. Orangtua ataupun anak-anak akan merasakan kejenuhan jika selalu dihadapkan dengan aktifitas berat. Untuk menurunkan kadar stress, cara terampuh adalah dengan mengadakan liburan walau sesaat. Ditambah lagi, dalam liburan tersebut ditemani keluarga tercinta. Kebersamaan itulah yang akab memunculkan kebahagiaan dan kebahagiaan tersebut akan memusnahkan rasa stress dengan segera.

Mempertahankan keharmonisan keluarga

Inilah momen terbaik untuk menguatkan bonding keluarga sehingga emosional tiap anggota keluarga akan terasa dekat. Saat liburan berlangsung, kita akan mendapati puluhan hal baru yang sebelumnya kita mungkin tak dapat melihatnya dalam diri si kecil atau pasangan (suami/istri).

Selama jadwal padat dan masing-masing anggota fokus dengan kegiatannya, waktu untuk bersama sangatlah terbatas. Maka, manfaatkan momen ini sebagai penggantinya. Upayakan agar ada sesuatu yang manis dalam liburan tersebut sehingga hal itu akan tertancap dalam memori hingga nanti.

Kesempatan belajar

Liburan bisa dijadikan sebagai media belanar yang menyenangkan selain lingkungan sekolah dan rumah belajar. Orangtua bisa secara langsung mendampingi anak dalam proses belajarnya. Anak memiliki ruang dan suasana baru untuk bereksplorasi. Inilah yang akan membuat otak anak makin cemerlang saat kembali ke bangku sekolah. Dalam momen ini, anak juga akan belajar bersyukur dan akan lebih intens saat berinteraksi dengan keluarga. Bahkan, ini adalah kesempatan menggiurkan untuk berbagai tentang cara pandang dunia.

Membentuk kreativitas

Saat berlibur, jangan hanya sekedar keluar, jalan, dan makan. Alangkah baiknya diselingi kegiatan menyenangkan yang juga bermanfaat untuk keluarga khususnya anak-anak. Ingat, liburan artinya kita berkunjung ke tempat dan suasana baru. Itu adalah senjata untuk mengasah kreatifitas. Kenapa harus memikirkan masalah kreatifitas? Jika kreatifitas meningkat, kita khususnya anak akan lebih cekatan atau tanggap dalam melakukan apapun apalagi saat menghadapi masalah. Otak akan berpikir cepat untuk mengatasinya.

Lebih bersinergi dan produktif

Dampak terbesar dari perasaan stress yakni kita tak bisa fokus dalam segi apapun. Tentu ini sangat beresiko karena produktivitas kita dan anak juga akan turun. Inilah saatnya merasakan manfaat liburan yang sesungguhnya. Otak kita akan fresh lagi dan energi kembali pulih. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan produktivitas kita dalam pekerjaan apapun yang akan digeluti.

Memperkuat Imun

Apa hubungannya imun dengan liburan? Ingat ya, ketika kita bersenang-senang selama liburan dan mengumpulkan banyak pengalaman baru, maka produksi hormon bahagia dalam tubuh kota akan meningkat sehingga imunitas kita ikut kuat. Artinya, tubuh kita akan lebih kebal dan tak gampang sakit. Bagi anak, tentu ini sangat bermanfaat untuk dirinya dan perkembangannya.

Resiko gangguan psikis menipis

Bayangkan, kita setiap hari bekerja dan tak ada waktu untuk melepas penat, psikis akan terganggu dengan begitu cepatnya. Kita akan terintai akan bahayanya anxiety disorder dan bahkan depresi. Karena manfaat utama liburan sebagai penghilang stress, maka kita juga akan terhindar dari gangguan psikologis. Untuk lebih banyak tau info tentang parenting kunjungi web mualimah.my.id

Oh ya, berhubung bumi kita masih dalam masa penyembuhan virus laknat, sebaiknya kita merencanakan liburan yang sesuai dengan keadaan. Yang harus diutamakan adalah keamanab keluarga. Pastinya, protokol kesehatan harus tetap menjadi pedoman selama liburan. So, bagaimanapun keadannya, kita akan merasakan manfaat liburan tanpa ada hambatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *