Keutamaan Dari Surat Al Alaq

Surat Al Alaq merupakan salah satu surat Makiyyah karena surat ini diturunkan di Kota Mekkah. Surat Al Alaq sendiri memiliki arti Segumpal Darah yang didalanya terdapat 19 ayat dan merupakan surat ke 96 didalam Alquran. Namun meskipun begitu ayat 1 – 5 dari surat Al Alaq ini merupakan ayat yang pertama kali diturunkan ke dunia.

Ayat ke 1 – 5 surat Al Alaq ini diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril saat nabi Muhammad sedang bertafakur di Gua Hira. Pengambilan nama surat Al Alaq ini diambil dari ayat kedua didalam surat ini. Surat Al Alaq ini juga dikenal dengan surat yang pertama kali memerintahkan manusia untuk membaca.

Ternyata selain surat Al Alaq ini merupakan salah satu ayat Alquran yang pertama kali diturunkan ke bumi, ternyata masih terdapat beberapa keutamaan yang terkandung di dalam surat Al Alaq ini. Kira – kira apa sajakah keutamaan dari surat Al Alaq ini, mari kita simak bahasan yang berikut ini.

Keutamaan yang terkandung dari surat Al Alaq :

  1. Perintah tentang mengetahui lingkungan alam semesta

Dalam surat Al Alaq Allah SWT memerintahkan hambanya untuk membaca dan melihat siapakah Tuhan yang sebenarnya telah menciptakan semua makhluk yang  ada di bumi, terutama manusia. Allah pun berpesan bahwa Allah telah menjadikan Kalam sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bumi.

Allah juga berpesan bahwa janganlah manusia bertindak melebihi batas yang telah ditentukan karena didalamnya juga terdapat ancama – ancaman bagi orang kafir yang membuat umat muslim bertindak diluar perintah Allah SWT.

  1. Proses Allah Menciptakan Manusia

Dalam surat Al Alaq Allah juga menerangkan bahwa Allah menciptakan manusia berawal dari benda yang hina namun kemudian Allah memberikannya kemuliaan dengan memberikan bekal berupa bacaan dan tulisan yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan bagi umat manusia.

Tetapi jika manusia sudah lupa akan asalnya, kemudian tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan, bahkan sampai manusia melakukan tindakan yang diluar perintah Allah dan merasa dirinya bisa hidup sendiri tanpa campur tangan Allah maka hukuman yang pahit akan menantinya kelak.

  1. Hukuman bagi orang yang menghalangi umat muslim untuk menyembah Allah

Dalam surat Al Alaq sudah sangat jelas bahwa Allah lah satu – satunya yang menciptakan dan memberikan kehidupan kepada manusia, lantas mengapa masih ada manusia yang merasa dirinya lebih berkuasa dibanding manusia lain ? bahkan ia berani menghalangi manusia lain untuk menyembah Allah.

Maka sungguh seperti yang terkandung dalam surat Al Alaq ayat ke 14 yang mengatakan bahwa “Allah mengetahui segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia” maka kelak Allah akan memberikan hukuman yang berat kepada orang – orang yang menghalangi umat muslim untuk menyembah Allah.

Itulah 3 keutamaan yang terdapat di dalam surat Al Alaq, sungguh dari surat ini kita sebagai umat muslim bisa mengetahui bahwa apa yang Allah berikan untuk umatnya jauh lebih besar dari apapun. Allah tidak hanya memberikan kita hidup tetapi Allah juga memberikan kita akal agar bisa mengoptimalkan diri ini.

Allah hanya meminta bahwa gunakanlah ilmu yang Allah berikan dengan sebaik – baiknya tapi ingat jangan lupa untuk menyembah Allah karena tidak ada yang lebih layak disembah selain Allah SWT zat telah memberikan kita hidup selama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *